Selasa, 14 Januari 2014

PELAKSANAAN SL-PTT PADI HIBRIDA TAHUN 2013 DI KECAMATAN TIROANG



Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) padi hibrida yang merupakan program Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang kembali dilaksanakan di Kecamatan Tiroang pada musim tanam Oktober-Maret 2013/2014. Sejak tahun 2008 Kecamatan Tiroang telah melaksanakan SLPTT padi hibrida. Tahun ini memasuki tahun ke enam dan semuanya terlaksana dengan baik.
Muh. Tahir, SP selaku Pemimpin Pertanian Kecamatan Tiroang menjelaskan bahwa ada 60 paket SLPTT yang dilaksanakan musim tanam ini yang tersebar di empat kelurahan. Kelurahan Pammase 36 paket, Kelurahan Fakkie 7 paket, Kelurahan Marawi 13 paket, dan Kelurahan Mattiro Deceng 4 paket.
Varietas padi hibrida yang ditanam sepanjang pelaksanaan SLPTT tumbuh dengan baik di Kecamatan Tiroang dan menghasilkan produksi yang tinggi. Varietas tersebut diantaranya Intani 2, Sembada B3, Sembada B9, Sembada 168, SL8SHS, dan sekarang varietas Lopp 11 benih produksi kerja sama PT. Lopping High-Tech Industry dengan PT. Pertania.
Deskripsi varietas padi hibrida Lopp 11 :
1.      Umur                              : ± 109 hari
2.      Tinggi                             : 113 cm
3.      Bobot 1000 biji              : 30 g
4.      Daun bendera                 : Tegak
5.      Jumlah gabah                 : 204 bulir/malai
6.      Kerebahan                      : Tahan
7.      Produksi                         : 10,4 t/ha
8.      Pemulia                          : Dr. Ir. Satoto, MS.
9.      Pengusul                         : PT. Lopping High-Tech Industry
10.  Bentuk rumpun              : Tegak
11.  Anakan produktif          : 15 batang/rumpun
12.  Warna batang                 : Hijau
13.  Bentuk gabah                 : Ekstra panjang dan ramping
14.  Kerontokan                    : Sedang
15.  Potensi hasil                   : 12,9 t/ha.

Pertumbuhan tanaman padi hibrida Lopp 11 sangat baik dan saat ini umur pertanaman antara 5 sampai 25 hari. M. Tahir berharap agar pelaksanaan SLPTT padi hibrida musim tanam ini di Kecamatan Tiroang dapat berlangsung sukses seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, sehingga harapan Bapak Bupati Pinrang H.A. Aslam Patonangi untuk meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani di Kab. Pinrang dapat terwujud. Kesemuanya itu dapat terwujud apabila semua pihak yang terkait (Penyuluh, POPT, PPK,PSDA, dan petani) saling bahu membahu mengsukseskan pelaksanaan SLPTT padi hibrida.(mahmuddin dani)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar